Sedikit Kerja Bisa Bikin Burnout. Kok Bisa? |#73
3 Insight menarik dari buku Impact Players
Dulu gue mengira burnout itu selalu tentang kebanyakan kerja. Jam kerja terlalu lama, tekanan dari atasan atau klien yang terlalu berat dan beban kerja yang melebihi kapasitas kita.
Faktor-faktor itu memang bisa menjadi penyebab burnout, tapi ternyata ada hal lain yang tanpa sadar bikin kita burnout.
Di newsletter ini gue bahas:
Penyebab burnout yang jarang orang tau
Insight dari buku Impact Players
3 Tips menghadapi penyebab burnout ini
Penyebab Burnout yang Jarang Orang Tau
Gak selalu karena kebanyakan kerja, burnout bisa disebabkan karena hal lain.
Kita bisa burnout ketika impact atau dampak dari pekerjaan kita terlalu kecil.
Insight ini baru gue tau ketika membaca buku Impact Players yang ditulis Liz Wiseman.
Gimana tuh impact yang terlalu kecil?
Pekerjaan terlalu mudah dan gak berdampak banyak pada organisasi
Tidak ada tantangan dan gak mengoptimalkan potensi yang kita punya
Merasa kosong dan kurangnya kepuasan
Ketika penyebab burnout adalah impact yang terlalu kecil. Istirahat atau mengurangi jam kerja itu bukan jadi solusi.
3 Tips Mengatasi Burnout dari Buku Impact Player
Dari buku Impact Player, gue belajar 3 cara meningkatkan impact tanpa harus kerja lebih lama.
1. Proaktif mengatasi masalah
Karyawan terbaik ga membatasi diri pada tugasnya sendiri.
Tapi dia proaktif untuk mencari apa hal penting yang dibutuhkan organisasi saat itu juga.
Kemudian mengambil peran aktif untuk membantu kesuksesan tersebut.
Cara melatih mindset ini adalah dengan bertanya:
Apa hal yang lagi diprioritaskan oleh perusahaan saat ini?
Apa masalah yang dihadapi perusahaan sekarang?
Di antara prioritas dan masalah tadi, apa yang bisa gue contribute dengan skill unik yang gue punya?
2. Tingkatkan tantangan bukan kuantitas pekerjaan
Menurut studi, 65% profesional menilai pekerjaan yang challenging sebagai faktor penting untuk kepuasan kerja.
Kerjaan yang menantang ngasi kita rasa pencapaian dan progress, sehingga kita lebih merasa puas di pekerjaan.
Gimana caranya meningkatkan tantangan di pekerjaan? Coba cari beberapa hal ini
Project yang berdampak untuk organisasi
Pekerjaan yang ga terlalu mudah, tapi juga ga bikin lo overwhelmed
Problem solving masalah atau krisis di perusahaan
Latihannya: Coba ngomong "iya" untuk tawaran pekerjaan yang menurut lo menantang.
Meskipun saat itu lo ga tau gimana caranya, tapi itu bisa dipikirin nanti dalam prosesnya.
Kadar "menantang" atau gak ini sangat subjektif, jadi pinter-pinter membaca kapasitas lo ya.
3. Mengembangkan resilience dan grit
Resilience (Ketahanan): Selalu yakin solusinya ada, bahkan jika itu butuh waktu yang lama
Grit (Ketabahan): Gak gampang nyerah ketika menemukan masalah dalam prosesnya
Ketika ada masalah, Impact Player (Pemain berdampak) gak mudah kaget, pembawaannya cenderung tenang dan fokus pada solusi
Tiga hal yang dimiliki orang-orang dengan resilience dan grit yang tinggi
Rutin meminta feedback dan mengeksekusinya
Kalau gagal mengatasi sendiri dia akan mencari bantuan atau expert untuk memecahkan masalah
Konsisten melakukan eksperimen dan mengambil pelajaran
Recap
3 cara mengatasi burnout yang disebabkan impact pekerjaan terlalu kecil
Proaktif mengatasi masalah
Tingkatkan tantangan bukan kuantitas pekerjaan
Mengembangkan resilience dan grit
Anyway, gue punya kabar baik buat lo.
Menyambut payday Oktober 2024, gue mau ngasi Exclusive Bundling Package untuk dua course gue:
Strategic Thinking Mastery
Di course ini lo akan belajar cara berpikir strategis dengan landasan teori yang sudah teruji. Course ini disampaikan dalam bentuk rekaman online total durasi 2 jam.
Solid Project Management System
Di course ini lo akan belajar skill project management yang bisa lo terapkan di pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Course ini disampaikan dalam bentuk rekaman online total durasi 7 jam.
Yuk ajakin teman-teman atau rekan kerja lo untuk join, cocok juga buat corporate training yang fleksibel dengan harga affordable.
Pelajari lebih lanjut programnya di link berikut ya
Content of The Week
LinkedIn - 10 Strategi Biar Gak Disepelein di Kantor
Terkadang "diremehkan" sama orang lain itu bisa jadi bahan bakar untuk memacu kita lebih produktif dan contribute lebih besar lagi. Gue bahas 10 strategi biar ga disepelekan di kantor.
Twitter - Stop Kebiasaan Nunda dengan Framework Ini
FYI, rencananya di akhir tahun ini gue akan launcing buku. Di buku itu gue share 5 SOLID skill yang penting untuk karier. Di konten ini gue spill salah satu framework yang gue bahas detail di buku.
Tiktok - 12 Indikator sukses selain gaji, perusahaan bonafit, dan jabatan prestigious
Sukses jadi terlihat sangat sempit karena kita cuma terpaku sama standar sukses yang gitu-gitu aja dan copas dari orang lain. Padahal standar sukses orang lain mungkin ga cocok sama value dan situasi kita.