Jadi Leader Itu Capek. Gimana Biar Gak Keabisan Energi? |#112
3 Strategi memulihkan energi
Hi buddy
Capek ya jadi leader?
Yuk istirahat bentar dan ambil napas yang dalam.
Naik ke posisi leader itu katanya pencapaian. Tetapi kenapa rasanya makin kelelahan ya
Kalo ada masalah di tim, leader adalah orang pertama yang akan dimintai pertanggung jawaban.
Gak cuma mikirin mencapai KPI, tapi juga gimana membangun budaya tim yang sehat, jagain biar top performer gak resign, dan ngurusin tim yang performanya jelek.
Gak jarang kita juga lelah karena terpapar emosi orang lain. Karena kerja manager lebih banyak ngurusin "orang" daripada "kerjaan", masalah ini sering bikin kita frustrasi.
Belum lagi kalo ada konflik, menjembatani manajemen dan tim, bikin keputusan dari yang kecil sampai besar, dan banyak lagi lainnya.
Selama kurang lebih 8 tahun jadi manajer, baik sebagai pekerja kantoran sampai saat ini jadi leader di bisnis yang gue bangun sendiri, gue juga mengalami fase ini.
Ketika itu gue sadar, jadi leader itu emang capek. Tetapi kita perlu mengelola energi biar gak gampang kelelahan dan tau gimana cara memulihkannya.
Di newsletter ini gue bahas:
5 Tanda kita udah kelelahan
3 Step memulihkan energi sebagai leader
Pertanyaan yang bantu kita melakukan refleksi
5 Tanda Kita Udah Kelelahan
Gampang marah atau reaktif bahkan untuk hal-hal kecil
Mulai ngerasa sinis atau apatis sama kerjaan
Susah fokus dan bahkan perlu ngabisin banyak waktu untuk ambil keputusan kecil
Produktivitas turun, tapi ngerasa seharian sibuk banget
Susah tidur, tapi sekalinya tidur tetap merasa capek
3 Step Memulihkan Energi
1. Lakukan refleksi secara berkala
Ketika kita mulai merasakan 5 tanda tadi, coba deh kasi jeda sebentar untuk melakukan refleksi.
Kamu bisa luangkan 15-30 menit untuk merenungkan apa masalah yang kamu alami dan kira-kira apa solusinya.
“Apa yang gue rasakan akhir-akhir ini?”
“Kenapa hal ini bikin gue kesel atau sedih?”
“Apa yang bisa gue pelajari dari reaksi gue sendiri?”
Gak harus ditulis panjang. Bisa catatan 5 menit, bisa juga voice note.
Yang penting: kasih ruang buat emosi lo muncul dan diproses. Ini bukan drama, ini upaya perawatan internal biar lo gak meledak tiba-tiba.
2. Ubah mindset-nya, dari beban jadi peluang
Kadang yang bikin capek bukan situasinya, tapi cara kita memaknai situasi itu di kepala.
Coba ubah pertanyaan dari,
“Kenapa gue harus ngalamin ini?”
jadi:
“Apa hal baik yang bisa gue ambil dari ini?”
“Apa yang bisa gue bangun dari pengalaman ini?”
Dengan perspektif baru, kita bisa dapet energi baru dan lebih positif.
Karena sering kali kelelahan mental muncul dari perasaan gak berdaya. Padahal, kita bisa punya kendali, setidaknya soal cara kita memaknai situasi.
3. Pilih istirahat yang beneran istirahat
Scrolling IG sambil nunggu tidur bukan istirahat. Pemulihan yang bener itu yang bikin kita bener-bener ngerasa recharge dan fresh, bukan sekadar gak ngapa-ngapain atau bersantai.
Coba cari waktu buat:
Disconnect total dari kerjaan (meskipun cuma 30 menit)
Lakukan hal kecil yang bikin kita merasa hidup (masak, main musik, olahraga ringan)
Ambil kontrol atas waktu kita, belajar bilang “nggak” ke hal-hal yang gak prioritas.
Ingat, istirahat itu bukan bonus. Itu kebutuhan yang harus kita penuhi kalau mau jadi leader yang produktif dan efektif.
Kalau lo butuh ide tentang berbagai jenis istirahat yang bisa lo lakukan, lo bisa cek episode newsletter gue yang ini
Selalu Merasa Capek Padahal Kerjaan Gak Berat, Ini Sebabnya |#90
Di awal masa transisi dari pekerja kantoran jadi pengusaha, gue sering merasa capek.
Jangan lupa istirahat!
PS: Setelah cukup istirahat, lo bisa luangkan waktu untuk upgrade soft skill penting di karier. Karena ini bisa bikin kita stand out di pekerjaan.
Saya bahas 5 soft skill penting di karier di ebook gue 29 halaman GRATIS yang bahas
Kenapa soft skill bisa jadi pembeda karier kamu
5 skill yang saya rangkum dalam framework SOLID
Contoh penerapan dan refleksi praktis yang bisa kamu coba langsung
Content of The Week
Banyak orang liat sukses cuma hasil akhirnya. Padahal, intinya ada di prosesnya. Di balik tiap pencapaian yang terlihat “wah” pasti selalu ada cerita struggle yang mungkin gak semua orang sanggup menjalaninya
X - 10 Hal yang bikin lo jadi leader meski tanpa jabatan
Diam-diam kamu udah jadi leader… meski tanpa jabatan. Kalo kamu secara konsisten melakukan 10 hal ini. Kebiasaan-kebiasaan kecil itu ternyata jadi pembuka jalan gue untuk dipromosi dan dipercaya jadi leader.
Instagram - Kenapa banyak manager gagal setelah dipromosi?
Baru aja dipromosi jadi manager, tapi gagal capai target dari atasan? Padahal strategi udah disiapin. Tapi tetep gagal. Bisa jadi bukan soal kurang pinter. Tapi eksekusinya jelek.
Tiktok - Kerja cerdas bukan kerja lebih lama, ini 4 frameworknya
Banyak leader ngerasa udah sibuk banget. Tapi progressnya gitu-gitu aja. Dikira masalahnya karena kurang usaha, padahal gak punya prioritas yang jelas. Alhasil leader ngerjain banyak hal, lembur terus, bahkan burnout tapi stuck.